Usaha Aksesoris Motor Pada Era Pandemi

 Pada kali ini saya akan menjelaskan analisa swot dengan tema usaha "Part Modifikasi motor". Lalu kenapa saya mengambil dan mengangkat tema ini, hal tersebut akan dijelaskan dibawah ini maka dari itu bacalah dengan baik dan pahami. 

Source by: Gridoto.com
    Era pandemi membuat sebagian orang bingung mencari kegiatan untuk memenuhi waktu kosong yang mereka miliki dan hal ini bertepatan dengan menaiknya pasar otomotif di Indonesia terutama motor. hal ini membuat penjualan aksesoris motor meningkat sehingga usaha ini merupakan salah satu usaha yang cocok pada masa ini yang berguna untuk memenuhi kebutuhan para bikers yang haus akan hasrat modifikasi yang ingin membuat motor milik mereka untuk lebih keren menurut persfektif mereka masing-masing, part modifikasi yang saya jual meliputi handle rem, kaliper rem, shockbreaker dan lain-lainnya. 

ANALISA SWOT 

A. Strength (Kekuatan) 

Dalam melakukan usaha part modifikasi memiliki kita sebagai pelaku usaha memiliki kelebihan yaitu: 
- menyediakan produk dari berbagai brand (baik brand luar ataupun dalam negeri) 
Dengan hal ini para kostumer memiliki keleluasaan dalam memilih part modifikasi yang ingin mereka beli baik dari luar negeri ataupun dalam negeri sehingga para kustomer bisa memilih part modifikasi dengan menyesuaikan budget yang mereka miliki.
- memiliki harga yang kompetitif 
Harga merupakan sebuah batasan bagi para kostumer dalam melakukan modifikasi, maka dari itu kami memberikan harga yang kompetitif sehingga kustomer bisa membeli barang yang mereka inginnya dengan harga yang sesuai. 
- Part yang disediakan merupakan barang ori bukan palsu/KW
Saya hanya menyediakan part ori karena hal ini juga mempertimbangkan keselamatan para kustomer harga murah namun part kw sama saja mempertaruhkan nyawa seseorang dan saya menjamin produk tersebut benar-benar ori 
- pemasangan bisa ditempat ataupun pembelian produk saja 
Hal ini dapat mempermudah kustomer dalam melakukan modifikasi sehingga tidak mengeluarkan uang 2 kali dan waktu tambahan. 

B. Weakness (kelemahan) 

Dalam menjalankan usaha part modifikasi memiliki beberapa kelemahan yang cukup mempengaruhi penjualan guna memutar usaha tersebut, diantaranya: 
- Karyawan yang kurang ahli ataupun telaten 
Dalam hal pemasangan part modifikasi, sebagai montir maka harus bisa melakukan pemasangan part tersebut sesuai dengan ketentuan sehingga tidak merusak barang ataupun kendaraan kustomer yang menyebabkan kerugian dan kekecewaan pada kustomer, apabila hal itu tidak dimiliki maka akan timbul ketidakpercayaan kustomer 
- harga yang sewaktu-waktu berubah 
Hal ini dipengaruhi oleh harga yang diberikan oleh produsen kepada distibutor sehingga harga sewaktu-waktu bisa naik dan turun yang bisa menyebabkan kerugian dan keuntungan 
- ketersediaan barang 
Hal ini disebabkan oleh proses produksi yang dilakukan oleh brand tersebut, terkadang proses produksi hanya dilakukan beberapa kali dengan jumlah yang sedikit sehingga barang akan menjadi langka 

C. Oppoturnity (peluang)

Dalam melakukan usaha part modifikasi memiliki beberapa peluang yang dimana hal tersebut sangat menguntungkan untuk pelaku usaha itu sendiri, diantaranya:
- digandrungi oleh kalangan remaja hingga dewasa 
Hal ini menyebabkan luasnya pasar penjualan sehingga memiliki target yang beraneka ragam yang menyebabkan part modifikasi terus berputar dari yang paling murah hingga paling mahal
- Produksi motor yang terus berjalan sepanjang waktu 
Hal ini menyebabkan kebutuhan masyarakat yang menyukai part modifikasi akan terus meningkat guna menyelaraskan model motor dan style yang mereka mau, dengan part modifikasi yang dipilih sehingga menghasilkan keuntungan lebih pada pelaku usaha dan kesenangan kustomer.
- Prospek usaha yang cukup panjang 
Hal ini dikarenakan style modifikasi akan terus mengalami perubahan tidak hanya terpaku pada satu style sehingga kebutuhan dan kemauan para kustomer pun akan terus berubah sehingga part modifikasi juga semakin dibutuhkan dan didukung dengan produsen motor yang terus berkembang.

D. Threats (ancaman)

Dalam berwirausaha pasti memiliki ancamannya tersendiri sehingga sebagai pelaku usaha kita harus bisa menangani ancaman tersebut guna bisa terus mempertahankan keberlangsungan usaha tersebut, berikut merupakan ancaman yang ada dalam usaha part modisikasi:
- Persaingan antar penjual sangat ketat 
hal ini disebabkan setiap penjual memberikan harga yang sangat kompetitif sehingga kustomer akan sulit memilih ataupun cenderung memilih yang lebih murah walaupun hanya 1000 rupiah.
- banyaknya produk palsu 
Dengan banyak produk palsu yang masuk kedalam pasar penjualan maka akan menimbulkan kerugian bagi penjual karena pasti kustomer lebih memilih produk tersebut karena lebih murah dan terjangkau sehingga produk ori akan mengalami pelambatan penjual/pemutaran 
- Sistem Marketing kompetitior
Semakin maju sistem marketing yang dimiliki kompetitor maka akan membuat toko tersebut memiliki nama yang baik dan terkenal sedangkan toko yang kita miliki akan tertutupi dengan pamor toko tersebut sehingga akan menghambat jalnnya usaha, contoh sistem marketingnya adalah seperti membayar influencer, mengiklankan toko tersebut dll

E. Strategi SO (strength-oppoturnity)

Dalam strategi ini, saya sebagai pelaku usaha akan melakukan pemenuhan part-part modifikasi dari berbagai jenis motor terutama kepada model motor yang banyak diminati oleh masyarakat dan mengikuti perkembangan style modifikasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan modifikasi yang terus berubah-ubah berdasarkan zaman dan dapat memenuhi kebutuhan kustomer akan part modifikasi yang mereka butuhkan berdasarkan motor yang ia miliki baik model baru ataupun lama.

F. Strategi WO (weakness-oppoturnity) 

Dalam strategi ini saya akan melakukan penyediaan part-part modifikasi yang paling banyak diminta oleh kustomer, sehingga saya bisa menjaga ketersediaan dan harga barang tersebut menjadi stabil yang berguna untuk menarik kustomer tetap bertahan pada toko yang saya miliki (kecuali ada perubahan harga pada produsen) dan saya juga akan melakukan pelatihan sebelum merekrut pekerja/montir guna menekan kesalahan yang mungkin terjadi sehingga tidak menimbulkan kekecewaan pada kustomer.

G. Strategi ST (Strength-threats)

Dalam hal ini saya akan melakukan survei pasar sehingga bisa mengetahui harga pasaran yang dijual kompetitor sehingga nantinya saya bisa menetapkan harga lebih murah namun tidak menimbulkan kerugian, serta melakukan pengiklanan tentang toko yang dimiliki dan juga melakukan edukasi melalui kanal youtube ataupun iklan tersebut tentang penggunaan produk asli dan palsu sehingga masyarakat bisa terhindar dari penggunaan produk palsu.

H. Strategi WT (weakness-threats)

Dalam hal ini saya akan memberikan harga yang cukup rendah dibanding dengan kompetitor dengan cara menyimpan secara banyak produk yang sedang diminati sehingga nantinya harga jual tetap stabil dan hanya menjual produk-produk asli serta menjaga kualitas pekerja yang ada sehingga usaha ini dapat berjalan dengan baik. 

Sekian penjelasan dari saya tentang analisa SWOT pada usaha part modifikasi motor, mohon maaf apabila terdapat kekurangan dan Semoga Artikel ini bisa berguna untuk para pembaca.

Terimakasih 


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi dan Misi Pribadi

Business Plan " Bisnis Aksesoris Motor "

BISNIS MODEL KANVAS USAHA AKSESORIS MOTOR