Business Plan " Bisnis Aksesoris Motor "

Hallo semuanya, semoga kabarnya baik-baik saja ya. Nah pada kali ini saya akan membuat artikel mengenai Business plan yang temanya diambil dari bisnis saya sendiri, yaitu bisnis aksesoris motor. Baiklah tidak usah panjang lebar, silahkan lihat penjelasan dibawah ini. 


Ringkasan Eksekutif 

Bisnis aksesoris merupakan bisnis yang sedang berkembang pada pertengahan pandemi covid-19, hal ini karena banyak orang yang memiliki uang berlebih bingung untuk mencari kepuasan dalam situasi seperti ini khususnya untuk penggemar roda dua. Hal ini juga diperlihatkan dari peningkatan penjualan aksesoris motor pada e-commerce yang cenderung meningkat pada tahun 2021, Oleh karena itu bisnis aksesoris merupakan segmen usaha yang paling berkembang, paling diminati, serta sangat berpeluang pada masa ini, karena berguna menunjang kebutuhan para penggemar tersebut. 

Fiftyfive_Motoshop merupakan suatu toko yang menyediakan berbagai macam jenis aksesoris motor dari yang murah hingga relatif mahal. Bisnis ini dibangun guna memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi di tanah air yang cukup luas, namun tidak sedikit dari mereka yang memiliki hobby tersebut terhalang oleh kemampuan dana yang dimiliki. Oleh karena itu kami menghadirkan segala macam brand dengan harga yang bermacam-macam sehingga mereka bisa menyesuaikan budget yang dimiliki dalam melakukan modifikasi pada kendaraanya. 

Melihat perkembangan dunia otomotif yang begitu pesat dan diminati oleh banyak kalangan terutama anak muda hingga orang tua inilah merupakan yang juga menjadi faktor pendorong untuk membangun usaha bisnis aksesoris. Oleh karena itu dengan dibangunnya usaha ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan tersebut dan dapat mendukung kemajuan industri otomotif yang ada dalam negeri. 

Deskripsi Bisnis

Fiftyfive_Motoshop merupakan sebuah toko aksesoris yang menjual berbagai macam aksesoris dari berbagi macam brand dan harga, toko saya terletak pada jalan raya bogor.  tujuan awal dibentukanya toko ini ialah  untuk memenuhi kebutuhan penggila roda dua yang memiliki hasrat modifikasi motornya sangat kuat, sehingga mereka dapat menyalurkan kemauan mereka untuk memperindah tampilan motor mereka baik dengan nuansa elegan ataupun sederhana. Hal ini juga untuk menunjang perkembangan dunia otomotif khususnya roda dua yang peminatnya cukup luas, selain itu tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dan memperoleh profit. 

Visi dan Misi  

Visi " Fiftyfive_Motoshop " adalah 

Menjadi toko yang dapat menciptakan kemudahan dan menghapus kesenjangan dalam memenuhi sesuatu hal yang diinginkan, tanpa harus menurunkan kualitas dan kuantitas dari hal tersebut. Visi ini menggambarkan keinginan saya sebagai pelaku usaha yaitu semua orang berhak mendapatkan apa yang diinginkan atas dasar kemampuan dan kesanggupan yang mereka miliki. Visi dari bisnis ini menunjukkan bahwa keinginan untuk memenuhi kebutuhan konsumen adalah hal yang harus dijunjung. 

Misi "Fiftyfive_motoshop " adalah

  • Memberikan solusi terbaik dalam pemenuhan berbagai jenis aksesoris dari berbagai brand dan harga 
  • Mendahulukan kebutuhan dan kepuasan konsumen dibanding keuntungan yang didapatkan oleh toko
  • Memberikan pelayanan yang terbaik, ramah, serta terpercaya
Sasaran 

Dalam bisnis ini, saya menetapkan sasaran berupa anak muda, orang dewasa hingga orang tua. Hal ini dikarenakan banyak dari penyuka modifikasi didominasi oleh 3 kelompok tersebut dan mereka bisa dibilang cukup mengikuti perkembangan zaman dan konsumtif dalam melakukan modifikasi dan pembelian aksesoris. 

Strategi Pemasaran 

  • Tren dan Pertumbuhan Industri 
Bisnis aksesoris sudah berkembang lama di Indonesia,  baik itu seperti aksesoris model thailook ataupun japan culture, vietnam dll. Semua aksesoris tersebut merupakan ditentukan oleh preferensi pemilik motor itu sendiri karena taste yang berbeda dan dari perbedaan taste tersebut sehingga menciptakan keberagaman aksesoris dipasaran. Sedangkan pada era sekarang, part aksesoris eropa dan vietnam lah yang menjadi arah modifikasi sekarang ini dan menciptakan naiknya hype aksesoris tersebut sehingga permintaan pun terus meningkat. maka dari itu bisnis ini dibangun dan menyediakan part aksesoris tersebut untuk mengakomodir kebutuhannya.
  • Peluang Strategi
Dalam strategi pemasaran disini, saya menetapkan strategi 3P yaitu product, Price, Promotion. tujuan diadakannya pamasaran ini berguna untuk memperkenalkan toko saya kepada calon konsumen sehingga nantinya para calon konsumen tahu dengan adanya toko, dimana memberikan pelayanan yang baik dan produk yang beraneka ragam. 
Berikut strategi pemasaran yang diterapkan:
  • Product
Pada strategi ini, saya menyediakan berbagai aksesoris dari berbagai brand yang ada baik lokal ataupun impor dan dari harga yang termurah hingga relatif mahal, hal ini supaya konsumen memiliki kebebasan dalam memilih aksesoris dari brand apa yang sesuai dengan kesanggupan mereka. saya juga memberikan semacam edukasi terkait produk yang dipilih dan memberikan pemasangan secara gratis.

  • Price 

Harga aksesoris yang toko saya berikan relatif cukup bersaing dengan toko lain namun, ada beberapa kelebihan yang saya berikan yaitu saya akan memberikan potongan harga apabila konsumen sudah mencapai target pembelian ( >3jt)  sebesar 15% sehingga itu bisa membuat harga total bisa lebih murah, selain itu pembayaran bisa dilakukan melalui secara cash, M-banking ataupun E-wallets.

  • Promotion

 Pada strategi promotion, saya menggunakan media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, youtube dll untuk melakukan pengiklanan. hal ini karena media sosial merupakan salah satu cara paling mudah untuk menggapai konsumen ditambah dengan membayar para influencer otomotif untuk mempromosikan toko ini sehingga daya tarik akan meningkat. 

Analisis Persaingan 

Persaingan dalam bisnis usaha aksesoris cukup ketat karena banyak orang melihat peluang yang cukup besar dari bisnis ini sehingga kompetitor pun cukup banyak terutama sepanjang jalan raya bogor sekiranya ada sekitar lebih dari 7 toko, namun walaupun seperti itu saya sudah memperkirakan barang atau aksesoris seperti apa yang paling laku dipasaran dan saya sudah melakukan survei harga pada setiap kompetitor sehingga saya bisa memberikan harga yang sedikit lebih murah (bersaing) dari kompetitor dan sudah menyediakan aksesoris yang digemari dengan jumlah yang cukup banyak seperti master rem, kaliper rem, handgrip dll sehingga saya bisa menjamin kestabilan harga dan stok yang saya berikan.

Tidak cuma itu, pada toko saya juga memiliki kelebihan dari toko lain berupa:

  • Pemasangan secara gratis 
  • barang yang disediakan ori dan tidak menjual produk palsu 
  • Aksesoris yang diberikan pun terdiri dari berbagai macam brand baik lokal atau impor sehingga tidak terpaku dengan 1 produk saja

Rencana Desain dan Pengembangan 

Tujuan Jangka Pendek 

  • Fiftyfive_Motoshop dapat dikenal pada kalangan penggemar roda dua 
  • Memiliki pelanggan tetap dalam jumlah yang cukup banyak
  • Dapat menjadi toko yang bertahan lama dan mengikuti perkembangan zaman
Tujuan Jangka Panjang 
Setelah berhasil mendapatkan konsumen, maka saya akan meningkatkan mutu dan kualitas dari toko aksesoris ini dan tidak lupa membangun kerja sama dengan toko aksesoris lain ataupun distributor agar saya dapat dengan mudah untuk mendapatkan aksesoris yang dibutuhkan supaya bisnis ini tidak mengalami kendala apapun dalam ketersediaan aksesoris.

 Strategi 

Agar bisa mewujudkan Rencana jangka panjang maka saya perlu strategi yang spesifik untuk mencapainya. Strateginya adalah menjaga kualitas, ketersediaan produk dan pelayanan yang ramah terhadap konsumen agar konsumen nyaman dan percaya dengan toko saya. 

Sasaran dan jadwal pencapaian 

    Sasaran-sasaran untuk mencapai tujuan jangka panjang sebagai berikut: 

  • Menarik konsumen dengan melakukan pengiklanan melalui media sosial dengan tampilan yang menarik sehingga daya tarik konsumen semakin naik.
  • Memberikan pelayanan yang baik dan terbuka dalam setiap hal mengenai aksesoris kepada konsumen
  • menjaga kualitas produk yang diberikan kepada konsumen 
  • Memberikan discount atau bonus (aksesoris gratis) kepada pelanggan tetap 
    Jadwal yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran tersebut, ialah:

  • pengelolaan media sosial yang baik, sehingga media sosial yang digunakan dapat terus menarik perhatian konsumen
  • melakukan evaluasi kerja kepada setiap karyawan tentang pelayan kepada konsumen 
  • pengecekkan ulang terhadap barang yang disediakan walaupun dari distributor yang sama untuk menghindari terjadinya kecacatan produk    
Evaluasi Risiko 

    Dalam membangun setiap bisnis pasti memiliki risiko, hal ini juga pasti akan dirasakan oleh bisnis aksesoris motor seperti kompetitor yang semakin banyak, pemasaran yang lebih baik ataupun kalah persaingan. Oleh karena itu sebelum hal itu terjadi saya memaksimalkan kinerja serta pelayanan guna menekan kemungkinan tersebut. 

Exit Plan 

Saya memberikan diskon cuci gudang terhadap aksesoris yang kurang laku dipasaran sehingga dapat menghasilkan menghabiskan barang tersebut dan uang yang masuk bisa diputarkan kembali untuk menjadi modal tambahan guna menyediakan aksesoris yang lagi butuhkan oleh konsumen 

Rencana Operasi dan Manajemen 

  • Fasilitas 
Hanya menyediakan pelayanan secara offline atau on the spot namun dilengkapi akomodasi antar jemput kendaraan apabila pemilik tidak bisa membawa motornya ke toko yaitu via towing dan ini berlaku sekitar jabodetabek.

  •  Proses Produksi 

 Dalam proses produksi ini toko melakukan beberapa hal, diantaranya:

    1. Menyiapkan aksesoris yang akan dipasang pada motor konsumen
    2. Melakukan pemasangan pada motor konsumen 
    3. Melakukan finishing atau pengecekkan terhadap aksesoris yang telah dipasang
  • Pengendalian Persediaan 

saya selalu melakukan pengecekkan stok barang selama 2 minggu sekali apabila toko dalam keadaan ramai maka dilakukan selama seminggu sekali, apabila stok aksesoris sudah mulai menipis atau habis, maka saya langsung merestock aksesoris tersebut. 

  • Pasokan dan Distribusi 

untuk pemasokan barang aksesoris saya membeli dan mengambilnya dari distributor resmi guna mendapatkan harga lebih murah ataupun yang terbaru sehingga dapat memastikan kenaikan dan penurunan harga.  

  • Pengembangan Produk 

Pengembangan produk yang dilakukan pada toko saya adalah memasukkan aksesoris model terbaru yang telah di rilis oleh brand dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hal ini untuk mengecek pasar terlebih dahulu. apabila ramai maka akan disiapkan dalam jumlah yang cukup banyak dan hanya akan menyediakan aksesoris model lama guna mengalihkan ke produk terbaru. 

  • Kontrol Keuangan 
    1. Tidak menggunakan keuangan perusahaan untuk kepentingan pribadi 
    2. Memutarkan kembali kelebihan untung untuk modal  
    3. Melakukan pendataan keuangan secara bulanan 
  • Tim Manajemen 

Tim manajemen ini sendiri terdiri dari 3 orang yaitu saya sebagai pemilik toko, satu orang karyawan bagian keuangan dan admin sosial media sebagai pemilik toko saya bertugas sebagai pemantau jalannya toko dan memastikan ketersediaan aksesoris masih cukup dan karyawan bagian keuangan ini bertugas sebagai pencatat keuangan (keluar dan masuknya uang serta keuntungan)  sedangkan admin sosial media, bertugas memantau jalannya sosial media kita dan melakukan komunikasi dengan konsumen. Apabila ada pertanyaan seputar toko ataupun ketersediaan dan harga barang maka ia yang mengendalikannya.

Analisis Rencana Keuangan 

No

Modal Kerja (Aktiva Tetap)

1

Peralatan pemasangan

Rp. 5 .000.000

2

Peralatan Toko (komputer, Printer)

Rp.3.000.000

3

ATK

Rp. 100.000

4

Mobil (kendaraan towing)

Rp. 50.000.000

5

Sewa Toko (pertahun)

Rp. 5.000.000

 

No

Modal aksesoris  

1

Master rem

Rp 10.000.000

2

Kaliper

Rp 10.000.000

3

Shock breaker

Rp 8.000.000

4

Baut Titanium

Rp 5.000.000

5

Spion

Rp 2.000.000

dalam hal ini saya menggunakan payback period, diasumsikan dalam 1 tahun aksesoris yang terjual mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 50.000.000.

  • gaji karyawan (5 orang) = Rp 2.000.000 x 12 

                                        = 24.000.000

  • bayar listrik dan wifi = Rp. 400.000 x 12
                                            = 4.800.000 

maka totalnya adalah Rp 28.800.000

PP = investasi : kas bersih x 1 tahun = pengembalian modal 

     = 98.100.000 : 21.200.000 x 1 tahun 

     =  4,6 tahun 

berdasarkan perhitungan payback period maka dapat diketahui bahwa modal usaha akan kembali pada 4 tahun 6 bulan .

Kesimpulan 

Bisnis aksesoris motor bukanlah sebuah usaha yang ringan, bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar dan waktu pengembalian yang cukup lama. Namun, apabila dalam usaha ini memiliki business plan yang cukup rapih dan sesuai maka akan menghasilkan sebuah usaha yang sangat menguntungkan. Dengan begitu bisa kita lihat bahwa apabila kita memiliki dasar yang kuat dan siap  dalam membangun sebuah usaha seperti perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang baik maka mungkin saja dengan begitu usaha tersebut akan terus berkembang dan tidak hilang ditelan zaman.  

 
 

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi dan Misi Pribadi

BISNIS MODEL KANVAS USAHA AKSESORIS MOTOR