ENTREPRENEURIAL MINDSET DAN MOTIVASI
Assalamualaikum Wr.Wb
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa saja yang saya dapatkan ketika mengikuti webinar "KULIAH KEWIRAUSAHAAN PEMUDA" yang dilaksanakan pada 12 oktober 2021, baik maka dari itu saya akan menjelaskannya dibawah ini, selamat membaca.
sebelum lebih lanjut dalam pembahasan materinya, maka dari itu kita harus tahu apa pengertian dari pedagang dan pengusaha agar terlihat perbedaannya.
Pengertian
Pedagang merupakan seseorang yang berjualan ataupun menawarkan jasanya hanya untuk mendapatkan keuntungan sedangkan pengusaha merupakan seseorang yang berusaha untuk menciptakan keuntungan secara terus-menerus dan usaha yang berkelanjutan dengan memikirkan branding usaha yang ia miliki dan rencana yang akan dicapainya kedepan.
Paradigma
Dalam hal berwirausaha kita harus bisa menciptakan suatu hal yang baru tanpa harus terpaku pada pola pikir lama, sehingga kita bisa berkembang dan tidak monoton dalam menjalaninya. Contohnya apabila dulu kita belajar hingga tingkat tinggi hanya untuk mencari kerja maka pola pikir tersebut harus diubah yang menjadi "kita bukan sebagai pencari kerja melainkan pencipta lapangan kerja" dengan begitu diharapkan kita dapat berkembang dan memajukan diri sendiri dan orang sekitar kita.
Mindset yang harus dimiliki oleh pengusaha
dalam berwirausaha kita harus memiliki beberapa mindset yang dapat membantu kita membangun semangat kita dalam berusaha, diantaranya:
1. Punya nyali dan mental kuat
2. Berani mengambil resiko
3. mempunyai pikiran bahwa ia mampu bekerja sama dengan tim
4. Memiliki pikiran yang postif dan berkomitmen
5. selalu mau belajar dan melakukan aksi
lantas setelah memiliki mindset yang disebutkan diatas maka apa yang harus dilakukan selanjutnya? jawabannya adalah melakukan persiapan untuk melakukan usaha, seperti yang dijelaskan dibawah ini.
Hal-hal yang harus dipersiapkan
- melakukan survei terhadap pasar
2. menentukan barang atau jenis jasa yang akan dipasarkan
3. membuat produk yang akan dipasarkan
dalam membuat produk pengusaha harus bisa membuat produk yang inovatif dan kreatif, serta harus berbeda dengan yang lain sehingga produk tersebut bisa menjadi ciri khas dari brand yang pengusaha itu jual supaya usahanya terus berjalan secara berkesinambungan
4. ikuti Pola ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)
apabila belum mengetahui produk apa yang akan dijual maka lihat lah pasar yang lagi ramai dibicarakan orang-orang, sehingga dapat menentukan produk apa yang akan dijual namun tidak secara sepenuhnya diikuti ataupun tiru setidaknya pengusaha harus bisa membuat sedikit perbedaan produknya dengan produk yang lain.
5. Channels
Saluran media yang digunakan untuk melakukan promosi serta distribusi produk
6. Key Resources
menentukan siapa saja SDM yang akan berperan aktif dalam usaha yang dibangun
7. Key Partnership
melakukan kerjasama dengan pihak luar guna mendukung dalam peningkatan peforma bisnis
setelah melakukan persiapan dalam rencana pemasaran sebuah produk maka pengusaha juga harus bisa mengantisipasi kemungkinan buruk yang akan terjadi atas usaha yang dibangun dengan cara seperti:
Upaya-upaya yang harus disiapkan dalam menekan resiko
- Benar-benar pahami segala aspek dalam usaha baik itu target, pasar, rencana ataupun hambatan-hambatan yang akan dialami. dengan memahami aspek tersebut maka pengusaha akan lebih siap dala segala bentuk perubahan, hambatan yang terjadi karena sudah memiliki bekal yang baik dalam memulai usaha.
- Pilihlah peluang bisnis yang sesuai dengan passion dan skill yang pengusaha miliki, dengan begitu maka akan lebih memudahkan pengusaha dala menguasai usaha yang akan dibangunnya nanti
- Ciptakan keunikan dan perbedaan dalam pasar sehingga memiliki daya tarik tersendiri
- Sesuaikan modal dan resiko yang dipakai
setelah semua sudah dipersiapkan dengan matang, maka kita sudah bisa membangun usaha. tapi usaha seperti apa ya yang baik untuk pemula?
Usaha-usaha Sederhana
terdapat 3 bentuk usaha sederhana yang bisa dicoba untuk pemula dalam berwirausaha, diantaranya:
- Reseller, yaitu membeli barang dari distributor yang nantinya akan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi
- Dropshipper, yaitu bekerja sama dengan seseorang pemilik usaha untuk memasarkan produk
- Franchise, membeli hak khusus yang dimiliki oleh badan usaha dengan ciri khas tersendiri yang jelas terbukti berhasil serta dapat dimanfaatkan oleh pihak lain
Sekian rangkuman yang saya buat semoga rangkuman ini dapat berguna untuk pembaca, apabila ada kekurangan mohon dimaafkan.
akhir kata, terimakasih dan wassalamualaikum Wr.Wb
lampiran:
1. screenshoot mengikuti kegiatan
2. Narasumber yang saya pilih
Komentar
Posting Komentar